-

FIQO

Soal Ujian Akhir Muhammadiyah (UAM) Tingkat SMA/SMK "Al Islam" Tahun 2021-2022

FIQO - Soal Ujian Akhir Muhammadiyah (UAM) tahun 2021-2021 mata Pelajaran Al Islam Kelas XII. pada tanggal 28 Maret 2022 Ada 40 soal yang berbentuk Multiple Choise dengan jawaban yang tersedia.

Petunjuk Umum

1. Berdo’alah sebelum mengerjakan.
2. Tulis terlebih dahulu nama, kelas, dan jurusan anda.
3. Bacalah soal dengan teliti dan cermat sebelum menjawab.
4. Jawablah soal dari yang paling mudah menurut anda.

I. Pilihlah jawaban yang benar diantara A, B, C, D, dan E dengan memberi tanda silang (X) pada lembar jawaban yang tersedia !

 I.     Pilihlah jawaban yang paling benar dengan memberi tanda silang (X) huruf A, B, C, D atau E pada lembar jawaban yang tersedia!

1.      Perhatikan pernyataan berikut ini:

1)    Ketika perjalanan ke sekolah, Umar melihat seorang anak jatuh dari sepeda dan kakinya berdarah, karena sepi anak itu tidak ada yang menolong. Umar tidak berhenti dan terus melanjutkan perjalanan karena khawatir akan terlambat masuk sekolah dan dihukum.

2)    Di sekolah maupun di rumah Ahmad tidak pernah membuang sampah kecuali pada tempatnya, karena ia sadar bahwa sampah dapat merusak kelestarian alam.

3)    Ketika berwudhu, Zahra hanya menggunakan air secukupnya.

4)    Ketika Penilaian akhir semester genap, Adi tetap bersikap jujur dalam menjawab soal, walaupun sistem pengerjaannya secara daring dari rumah.

Pernyataan tersebut yang mencerminkan sikap sebagai khalifatullah fil ardhi adalah pernyataan nomor..

A.    1 dan 3

B.    2 dan 3

C.   1 dan 4

D.   2 dan 4

E.    3 dan 4

2.      Perhatikan dialog berikut ini!

“Maaf Nak Hazam, sepertinya Ulfa tidak mau menemui Nak Hazam” Kata ibu Ulfa sambil duduk di depan Hazam di ruang tamu.

“Tidak apa-apa Bu, saya memang salah, makanya saya datang untuk minta maaf,... Kalau begitu saya pamit Bu, Assalamu’alaikum “ jawab Hazam sambil berdiri dan menundukkan kepala lalu berjalan ke arah pintu.

Dari penggalan cerita tersebut, Sikap Ulfa tidak sesuai dan tidak meneladani dari Asmaul khusna,yaitu:
A. Ar-Rahman

B. Ar-Rahim

C. Al-Quds

D. Al-Ghaffar

E. Al-Aziz

 

3.      Fatimah memilih pakaian yang ketat dan jilbab yang modis seperti jilbab, topi saat mengikuti senam pagi di komplek perumahan, sehingga lekuk tubuhnya terlihat. Dengan pakaian yang ketat, ia merasa leluasa dalam mengikuti gerakan senam. Begitu pula dengan Anam, dia memakai celana olah raga yang pendek di atas lutut dan sepatu tanpa kaos kaki.

Pada narasi tersebut yang dapat anda simpulkan adalah...

A.    Fatimah adalah orang yang dapat memilih pakaian sesuai dengan kegunaannya

B.    Sebaiknya Anam menggunakan kaos kaki untuk mengurangi resiko lecet pada kaki.

C.   Fatimah melupakan fungsi utama pakaian, yaitu menutup aurat

D.   Pakaian Fatimah sudah memenuhi kriteria menutup aurat

E.    Olah raga juga penting bagi seorang muslim

4.      Perhatikan tabel berikut ini:

1)    Niat ikhlas karena Allah

2)    Membasuh muka

3)    Berkumur sambil menghirup air ke hidung kemudian mengeluarkannya

4)    Membasuh kaki sampai mata kaki

5)    Mencuci tangan sambil membaca basmalah

6)    Mengusap kepala dengan telapak tangan  diteruskan mengusap kedua telinga satu kali

7)    Membasuh kedua tangan sampai siku tiga kali,dimulai dari yang kanan kemudian yang kiri

Kaifiyah atau tata cara berwudhu berdasarkan tabel tersebut secara urut adalah ...

A.    1,3,5,2,7,6,4

B.    1,2,5,4,5,7,6

C.   1, 5,3,2,7,6,4

D.   1, 5,3,7,2,6,4

E.    1, 2,3,5,7,6,4

5.  Perhatikan pernyataan berikut ini

1)    Fatimah mandi junub karena haidnya telah berhenti

2)    Alya membersihkan tempat shalat karena kotor tertimpa genting

3)    Ayra mencuci kakinya karena terkena kotoran ayam hingga bersih

4)    Sulis hendak shalat, ia membasuh ujung kerudung putihnya karena kotor terkena kecap ketika makan bakso

Pernyataan tersebut yang termasuk kategori bersuci adalah pernyataan nomor ...

A.    1 dan 2

B.    1 dan 3

C.   1 dan 4

D.   2 dan 3

E.    2 dan 4 

6.      Perhatikan pernyataan berikut ini :

1)      Pak Jakfar sekarang rajin shalat dhuha karena bisnisnya bangkrut, ia shalat agar Allah melancarkan usahanya.

2)      Pak Hadi sebelum berangkat bekerja shalat dhuha untuk bersyukur atas segala nikmat dari Allah

3)      Meskipun hujan sangat deras Pak Zaenal pergi ke masjid untuk shalat di masjid karena ia malu kepada tetangga sebagai Ketua Takmir kalau tidak ke masjid.

4)      Bu Zaenab meskipun diejek tetangga tetap memberikan 10 nasi bungkus setiap hari jum’at ke masjid karena yakin Allah akan menerimanya meskipun ia orang miskin.

Pernyataan yang paling tepat dari bacaan di atas dan sesuai dengan QS. Al Bayyinah: 5

وَمَا أُمِرُوا إِلَّا لِيَعْبُدُوا اللَّهَ مُخْلِصِينَ لَهُ الدِّينَ حُنَفَاءَ وَيُقِيمُوا الصَّلَاةَ وَيُؤْتُوا الزَّكَاةَ

adalah pernyataan nomor...

A.         1 dan 3

B.         2 dan 4

C.        3 dan 4

D.        4 dan 1

E.         2 dan 3

7.  Perhatikan pernyataan berikut ini !

1)    Yang penting itu beribadah dan bekerja giat tidak perlu menghiraukan tetangga.

2)    Bekerja itu juga harus diniati ibadah begitu pula bergaul dan berbuat baik kepada sesama

3)    Melupakan kehidupan dunia serta tidak berbuat baik kepada sesama adalah termasuk orang yang fasid

4)    Orang mukmin tidak dilarang menikmati kehidupan dunia tanpa melupakan bekal untuk kehidupan yang kekal di akhirat.

Pernyataan tersebut yang sesuai dengan kesimpulan QS. al-Qashash :77

وَابْتَغِ فِيمَا آتَاكَ اللَّهُ الدَّارَ الْآخِرَةَ وَلَا تَنْسَ نَصِيبَكَ مِنَ الدُّنْيَا وَأَحْسِنْ كَمَا أَحْسَنَ اللَّهُ إِلَيْكَ وَلَا تَبْغِ الْفَسَادَ فِي الْأَرْضِ إِنَّ اللَّهَ لَا يُحِبُّ الْمُفْسِدِينَ

adalah pernyataan nomor...

A.    1,2,3

B.    1,3,4

C.   1,2,4

D.   2,3,4

E.    1,2,3,4

8.  Berikut adalah nama-nama kitab suci yang diturunkan Allah dan nabi yang menerima :

Nama Nabi Yang Menerima

Nama Kitab Suci

1.

Nabi Isa as.

A.

Taurat

2.

Nabi Musa as.

B.

Zabur

3.

Nabi Ibrahim as.

C.

Injil

4.

Nabi Muhammad SAW.

D.

Al-Qur’an

5.

Nabi Dawud as.

E.

Shuhuf

Pasangan Nabi penerima dan kitab suci yang diturunkan Allah SWT yang paling benar adalah…

A.    1-A,   2-B,   3-C,   4-D,   5-E

B.    1-B,   2-C,   3-D,   4-E,   5-A

C.   1-C,   2-A,   3-A,   4-B,   5-C

D.   1-B,   2-E,   3-A,   4-D,   5-C

E.    1-C,   2-A,   3-E,   4-D,   5-B

9.  Allah SWT berfirman dalam al-Qur’an surat al-Hijr ayat 9 :

إِنَّا نَحْنُ نَزَّلْنَا الذِّكْرَ وَإِنَّا لَهُ لَحَافِظُونَ

Salah satu keistimewaan al-Qur’an sebagaimana ditegaskan dalam ayat diatas adalah …

A.    Al-Qur’an menggunakan susunan kata dan kalimat yang baik sehingga mudah dipahami, diingat dan diucapkan.

B.    Al-Qur’an mengandung kebenaran yang bersifat kekal dan tidak bertentangan dengan perkembangan ilmu pengetahuan modern.

C.   Allah SWT menurunkan al-Qur’an berfungsi sebagai mukjizat yang mampu mengalahkan keindahan bahasa dan sastra karya bangsa Arab saat itu.

D.   Al-Qur’an diturunkan oleh Allah SWT dan akan dijaga keasliannya sampai akhir jaman.

E.    Allah SWT menurunkan al-Qur’an sebagai rahmat dan kasih sayang bagi orang yang beriman.

10.        Suatu saat pak Furqon dan pak Johan mengikat perjanjian usaha. Pak Amir memberikan modal sebesar Rp 150.000.000 untuk digunakan Ilham membuka usaha konveksi baju dan seragam. Disepakati bahwa keuntungan akan dibagi sama rata kepada mereka berdua, demikian pula kerugiannya. Kerjasama semacam ini dalam ekonomi Islam dinamakan …

A.    Musyarakah

B.    Mudharabah

C.   Murabahah

D.   Ta’awun

E.    Maslahah

11.   Sholat Jum’at adalah kewajiban bagi setiap mukmin sebagaimana firman Allah dalam al-Qur’an surat Jumuah ayat 9 :

يَاأَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا إِذَا نُودِيَ لِلصَّلَاةِ مِنْ يَوْمِ الْجُمُعَةِ فَاسْعَوْا إِلَى ذِكْرِ اللَّهِ وَذَرُوا الْبَيْعَ ذَلِكُمْ خَيْرٌ لَكُمْ إِنْ كُنْتُمْ تَعْلَمُونَ

dalam ayat tersebut, apabila telah diseru untuk menunaikan sholat Jum’at maka kita diperintahkan untuk…

A.    Mandi, mengenakan pakai terbaik yang dimiliki dan mengenakan wangi-wangian

B.    Menuju ke masjid terdekat melaksanakan sholat jum’at

C.   Melaksanakan sholat Jum’at sebagai ibadah wajib selain sholat Dhuhur

D.   Mempersiapkan infaq terbaik karena hari jum’at waktu yang tepat untuk beramal

E.    Bersegera mengingat Allah dan meninggalkan jual beli

 

 

 

12.   Ahmad hari ini mendapat tugas sebagai khatib sholat Jum’at di sekolah. Dia sudah menyiapkannya dengan begitu matang. Agar khutbah jum’at yang dilaksanakan Ahmad sah, maka ia harus memenuhi rukun khutbah jum’at, yaitu …

A.    Salam, membaca tahmid, tasyahud, shalawat kepada Nabi Muhammad SAW dan berwasiat takwa kepada Allah SWT

B.    Membaca tahmid, tasyahud, sholawat kepada Nabi Muhammad SAW dan berwasiat takwa kepada Allah SWT serta membaca ayat berkaitan dengan tema khutbah

C.   Salam, berwasiat agar bertakwa kepada Allah SWT dan membaca ayat berkaitan dengan tema khutbah

D.   Membaca pujian kepada Allah SWT dan bersholawat kepada Nabi Muhammad SAW

E.    Membaca salam, tasyahud dan berwasiat takwa kepada Allah SWT

13.   Perhatikan perilaku-perilaku berikut ini:

A.    Tidak berbuat kerusakan baik kerusakan fisik maupun kerusakan mental

B.    Berbakti kepada orangtua dan tidak durhaka kepadanya

C.   Bekerja maksimal untuk memenuhi kebutuhan istri dan anak-anak

D.   Tidak gemar membunuh atau menumpahkan darah orang lain. baik secara fisik maupun secara mental dan kejiwaan

Berdasarakan QS. Al-Baqarah ayat 30 di bawah ini,

وَإِذْ قَالَ رَبُّكَ لِلْمَلَائِكَةِ إِنِّي جَاعِلٌ فِي الْأَرْضِ خَلِيفَةً قَالُوا أَتَجْعَلُ فِيهَا مَنْ يُفْسِدُ فِيهَا وَيَسْفِكُ الدِّمَاءَ وَنَحْنُ نُسَبِّحُ بِحَمْدِكَ وَنُقَدِّسُ لَكَ قَالَ إِنِّي أَعْلَمُ مَا لَا تَعْلَمُونَ

perilaku yang paling tepat untuk seorang khalifah di bumi adalah….

A.    a dan b

B.    b dan c

C.   c dan d

D.   d dan a

E.    d dan b

14.   Perhatikan bacaan berikut ini!

Siswa yang sudah beranjak remaja mulai mengerti arti hubungan yang lebih dari pertemanan. Tak hanya sayang pada orang tua, guru, dan teman-teman, siswa seusia ini pasti sudah mulai mengenal suka kepada lawan jenis. Sayangnya, hormon yang sedang tidak stabil justru dipengaruhi oleh tontonan-tontonan dari televisi yang menyajikan aktivitas pacaran yang sebenarnya tidak pernah diajarkan oleh Islam.

Karena tidak dapat menyaring informasi, akhirnya banyak remaja muslim yang juga terjerumus dalam arus pergaulan bebas, sehingga melakukan hal-hal menyimpang seperti pacaran, bahkan naudzubillah, ada yang sampai berzina.

Untuk menghindari hal semacam ini terjadi pada lingkungan kita, maka hal yang bisa dilakukan adalah menjaga pandangan pada lawan jenis. Berbicara secukupnya, tidak banyak bercanda yang tidak bermanfaat, dan bergaul dalam batas wajar. Jangan mendekati hal-hal yang bisa membuat tergelincir dalam zina, seperti halnya pacaran. Ingat, cara mencari pasangan yang baik dalam Islam bukanlah dengan pacaran

Kesimpulan yang paling tepat dari bacaan di atas dan sesuai dengan QS. Al-Isra ayat 32 berikut adalah…

وَلَا تَقْرَبُوا الزِّنَا إِنَّهُ كَانَ فَاحِشَةً وَسَاءَ سَبِيلًا

A.    strategi untuk menghindari pergaulan bebas dan perzinahan

B.    informasi tentang pergaulan bebas dan pacaran

C.   kalangan remaja muslim banyak yang terjerumus ke dalam perilaku pacaran

D.   pentingnya menjaga pandangan pada lawan jenis

E.    informasi bahwa agama Islam melarang umatnya untuk pacaran

 

15.   Perhatikan penggalan QS. Al-Jasiyah ayat 12 berikut ini!

                           TABEL A                                                          TABEL B

a.       سَخَّرَ لَكُمُ ٱلْبَحْرَ

b.      لِتَجْرِىَ ٱلْفُلْكُ

c.       لِتَبْتَغُوا مِن فَضْلِهِ

d.      لَعَلَّكُمْ تَشْكُرُونَ

e.       بِأَمْرِهِ

 

 

1.       supaya kapal-kapal dapat berlayar

2.       supaya kamu bersyukur

3.       menundukkan lautan untukmu

4.       dengan seizin-Nya

5.       supaya kamu dapat mencari karunia-Nya

 
                                                                       

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Pasangan kalimat yang semakna antara tabel A dan B adalah …

A.    1- a dan 2 - d

B.    2 - d dan 5 – c

C.   2 – d dan 4 – a

D.   1 – b dan 2 – c

E.    3 – a dan 5 - e

16.   Hendaknya jenazah laki-laki dimandikan kaum laki-laki, jenazah wanita dimandikan kaum wanita atau keluarga dekat mayit. Sehingga suami boleh memandikan jenazah isterinya, begitu pula sebaliknya. Selain itu, Rasulullah SAW juga bersabda:

لِيَغْسِلْ مَوْتَاكُمُ الْمَأْمُوْنُوْنَ

Artinya: "Hendaklah jenazah-jenazah kalian dimandikan oleh orang yang dapat dipercaya." (HR Ibnu Majah).

Hadits diatas mengandung maksud …

A.    jenazah meskipun sudah menjadi mayat, tetap memiliki aurat yang harus ditutup dan tidak boleh terlihat orang lain.

B.    hendaknya jenazah dimandikan oleh orang yang memiliki pengetahuan tentang tata cara sesuai dengan syariat.

C.    orang yang memandikan jenazah hendaknya telah mendapat kepercayaan dari keluarga almarhum.

D.    jenazah hendaknya dimandikan orang yang dapat dipercaya, dapat menyembunyikan rahasia badan jenazah apabila ada cacatnya.

E.    jenazah hanya boleh dimandikan oleh keluarga dekat dan bukan oleh orang lain.

 

 

 

 

17.   Perhatikan artikel berikut ini!

Salam Semua Agama, Benarkah Ini Toleransi?

Ini salam yang lagi populer disampaikan para pejabat sekarang ini. Salam yang awalnya produk politik saat kampanye. Salam berasal dari semua agama. Salam pluralisme atas nama toleransi tentunya. Kini salam model begini menjadi perbincangan karena Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jawa Timur mengeluarkan edaran agar umat Islam tidak menggunakan salam campuran semua agama itu.

Edaran MUI Jatim ini dikeluarkan tentu dengan pertimbangan tinjauan Alquran dan hadits. Salam agama itu semuanya berisi doa. Jadi memiliki dimensi muamalah, tapi juga sangat erat dengan dimensi teologis dan ibadah. Maka sebagai muslim sepatutnya mengucap salam dan doa sebagaimana diajarkan Nabi. Hanya berdoa dan meminta pertolongan kepada Allah Swt. bukan tuhan lainnya.

Seorang guru besar bercerita pengalaman menguji dalam sidang tertutup di kampus sebuah Perguruan Tinggi Negeri. Ketika promovendus menyampaikan paparan disertasinya ia memulai dengan salam lengkap kekinian ’Assalamu alaikum wr wb, salam sejahtera bagi kita semua, shalom, om swastyastu, namo buddhaya, salam kebajikan.’ Guru besar itu minta sidang ditunda. Diminta promovendus mengulang salam yang benar. Sebab yang bersangkutan maupun peserta sidang seluruhnya adalah muslim.

Salam lintas agama ini menjadi budaya yang dikembangkan dan disosialisasikan. Kadang tidak sesuai tempat. Bahkan bagi para pejabat seolah wajib untuk bersalam seperti ini. Padahal tidak memiliki landasan aturan yang jelas. Tampaknya ada ketakutan baru jika tidak bersalam lengkap maka dianggap intoleran, fanatik, bahkan radikal.

Apakah mengucapkan semua salam ini merupakan bentuk dari toleransi beragama? Salam keagamaan berdampak pada keimanan karena berkaitan dengan keyakinan dan tanggung jawab ketuhanan. Bagi muslim itu ada syariat yang bisa berkategori haram, halal, atau syubhat. Memasuki domein keagamaan orang lain bukan hal ringan, ada konsekuensi keagamaan pada masing-masingnya. Toleransi bukanlah mencampuradukkan semua simbol agama. Konsepsi dasarnya adalah masing-masing berjalan pada rel ajarannya. Menghormati adanya perbedaan bukan dengan memaksakan persamaan atau menyatukan. Inilah yang salah dalam menerapkan makna toleransi di negeri ini pada saat ini (pwmu.co)

Kesimpulan yang tepat dari bacaan diatas adalah … (Jawaban boleh lebih dari satu)

A.    berbuat baik kepada siapa saja tanpa melihat latar belakang suku, etnis, budaya dan agamanya

B.    tidak menjadikan perbedaan agama menjadi alasan untuk tidak menjalankan hubungan kerjasama

C.   toleransi itu menghormati adanya perbedaan bukan dengan memaksakan persamaan atau menyatukan

D.   salam lintas agama merupakan bentuk toleransi, sehingga semua pemeluk agama harus mengucapkan salam lintas agama

E.    salam keagamaan lebih mengarah ke dimensi teologis dan berdampak pada keimanan karena berkaitan dengan keyakinan dan tanggung jawab ketuhanan.

 

 

 

 

18.   Kita sebagai bangsa Indonesia yang berbhineka, tentu merasa hidup kita tenang manakala Negara kita juga aman. Keamanan dan ketentraman itu harus diwujudkan oleh segenap bangsa Indonesia. Salah satu cara mempertahankan kebhinnekaan ini adalah dengan toleransi atau saling menghargai. Perilaku ini sesuai dengan kandungan ayat al-Qur’an yaitu……..

A.    Al-Kahfi : 29 قُلِ الْحَقُّ مِنْ رَبِّكُمْ فَمَنْ شَاءَ فَلْيُؤْمِنْ وَمَنْ شَاءَ فَلْيَكْفُرْ

B.    Al-Baqarah : 30 وَإِذْ قَالَ رَبُّكَ لِلْمَلَائِكَةِ إِنِّي جَاعِلٌ فِي الْأَرْضِ خَلِيفَةً

C.   Al-Qashash : 77 وَابْتَغِ فِيمَا آتَاكَ اللَّهُ الدَّارَ الْآخِرَةَ وَلَا تَنْسَ نَصِيبَكَ مِنَ الدُّنْيَا

D.   Adh-Dzariyat : 56 وَمَا خَلَقْتُ الْجِنَّ وَالْإِنْسَ إِلَّا لِيَعْبُدُونِ

E.    Al-Kahfi : 3 مَاكِثِينَ فِيهِ أَبَدًا

19.   Perhatikan bacaan berikut ini!

Keluar dari agama Islam dalam bentuk niat, perkataan, atau perbuatan yang menyebabkan seseorang menjadi kafir atau tidak beragama sama sekali. Pada awal sejarah Islam, perilaku ini dihubungkan dengan kembalinya beberapa kabilah Arab, selain Quraisy dan Saqif, dari Islam kepada kepercayaan lama setelah wafatnya Nabi Muhammad SAW. Saat itu, sejumlah kabilah menuntut dihilangkannya kewajiban sholat dan meminta dihilangkannya kewajiban membayar zakat. Khalifah Abu Bakar as-Sidiq memerangi kabilah-kabilah itu sehingga meletuslah Perang Riddah.

Menurut Ensiklopedia Islam terbitan Ichtiar Baroe Van Hoeve, beberapa perbuatan yang dilakukan kelompok ini antara lain adalah pengingkaran adanya pencipta, peniadaan rasul-rasul Allah SWT, dan penghalalan perbuatan yang disepakati haram serta pengharaman perbuatan yang disepakati halal. Kemurtadan, menurut Ensiklopedia Islam, berarti batalnya nilai religius perbuatan orang yang bersangkutan. Kembali kepada kekafiran setelah beriman berarti terputusnya hubungan dengan Allah SWT.

Hal itu antara lain dijelaskan dalam surah Al-Baqarah [2] ayat 217, Barang siapa yang keluar dari agamanya, lalu mati dalam kekafiran, mereka itulah yang sia-sia amalannya di dunia dan akhirat dan mereka itulah penghuni neraka, mereka kekal di dalamnya.”

Bacaan di atas menunjukkan perilaku …

A.      Riddah

B.      Syirik

C.      Nifaq

D.      Fasiq

E.      Akhlak

 

 

 

 

 

 

 

 

 

20.   Perhatikan artikel berikut ini!

PWMU.CO – Prof Din Syamsuddin mengajak umat Islam untuk menjadi ummatan washatan sebagaimana perintah dalam Alquran Surat Albaqarah Ayat 143. Menurut Din dalam surat itu ada dua konsep yang berlaku bagi umat Islam. Yang pertama adalah menjadi syuhadak alias saksi (subjek) dan yang kedua adalah masyhud atau dipersaksikan (objek).

Litakuunu syuhada alannasi, yaitu menjadi saksi-saksi peradaban. Bahwa kita adalah umatan washatan. Tapi jangan lupa kita nanti akan dipersaksikan, masyhud, akan menjadi orang yang dimintai pertanggungjawaban, apakah kita mampu melakukan prinsip-prinsip washataniyah Islam,” ungkapnya.

Din mengatakan konsep ummatan washatan inilah yang seharusnya menjadi ciri umat Islam, baik dalam skala lokal, nasional, maupun dunia. Din menjelaskan, menjadi ummatan washatan itu lebih dari sekadar moderat. Ia adalah jalan tengah. “Dan harap dipahami, menurut yang belajar ilmu tafsir, menjadi ummatan washatan itu ada konotasi menjadi pemimpin. Maksudnya menjadi penentu arah peradaban,” ungkap Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah periode 2005-2010 dan 2010-2015 itu. “Jadi bukan umat yang kalah, ngalah, apalagi kalahan sehingga inferior. Tapi jadi penentu,” ujarnya. Din mengibaratan umat tengahan itu seperti wasit dalam pertandingan.

Washat kan wasit. Wasit itu wah ditakuti. Wibawanya besar. Wasit itu yang menetukan. Kira-kira ummatan wasathan itu wasit,” kata Din sambil bergurau kalau di Indonesia wasit itu pun dipukul. Jadi, tutur Din, sebagai ummatan wasathan, umat Islam harus jadi wasit kebudayaan, wasit peradaban. “Dia menguasai peraturan. Dia menentukan arah dari perjalanan pertandingan. Jadi wasit peradaban, wasit kebudayaan berati juga jadi penentu arah peradaban dunia,” jelas Ketua Dewan Pertimbangan MUI itu.

Ini sejalan dengan firman Allah dalam QS. Al-Baqarah 143 yang berbunyi:

وَكَذَلِكَ جَعَلْنَاكُمْ أُمَّةً وَسَطًا لِتَكُونُوا شُهَدَاءَ عَلَى النَّاسِ وَيَكُونَ الرَّسُولُ عَلَيْكُمْ شَهِيدًا

Artinya: “Dan demikian (pula) Kami telah menjadikan kamu (umat Islam), umat yang adil dan pilihan agar kamu menjadi saksi atas (perbuatan) manusia dan agar Rasul (Muhammad) menjadi saksi atas (perbuatan) kamu

Kesimpulan yang paling tepat dari ummatan wasathan menurut bacaan diatas adalah …

A.    Ummatan wasathan mempunyai wibawa yang besar, pengikut dan mencetak kader-kader

B.    U wasathan merupakan umat yang berkeadilan dan berkebudayaan

C.   Ummatan Ummwasathan harus menjadi ciri umat Islam, berwibawa dan penentu sebuah peradaban dunia

D.   Ummatan wasathan merupakan penyeimbang keadaan dunia agar tetap tentram dan nyaman

E.    Ummatan wasathan hanya sekedar moderat dan berusaha untuk menjaga eksistensinya di dunia

 

 

 

 

 

 

 

21.   Perhatikan narasi berikut!

Hutanku masa depanku

     Manusia sangatlah bergantung dengan alam. Semua kebutuhan manusia berasal dari alam, apa yang mereka lakukan terhadap alam, alam pun akan melakukannya. Tetapi sekarang ini manusia banyak melakukan tindakan yang tidak seharusnya mereka lakukan terhadap alam seperti membuang sampah sembarangan, menebang hutan secara habis-habisan. Apa yang mereka lakukan itu tanpa memikirkan akibat yang akan ditimbulkan dari tindakan mereka. Tidak salah jika  alam berlaku tidak adil terhadap manusia seperti banjir, tanah longsor. Hal itu sebanding dengan tindakan manusia yang tidak dapat menjaga alam dengan baik. Manusia boleh saja melakukan eksploitasi Sumber Daya Alam asalkan dengan tetap memperhatikan alam.

Hutan sebagai paru-paru dunia selayaknya mendapat perhatian yang ekstra. Hutan juga harus mendapat perlindungan dan pembelaan jika ada orang-orang atau siapa saja yang akan merusak atau melakukan penebangan resmi maupun liar. Hutan adalah masa depan kita. Jika hutan kita rusak maka masa depan kita pun akan rusak.

Ayat al-Quran yang sesuai dengan narasi di atas adalah…

A.    وَلَا ٱلْأَرْضِ بَعْدَ إِصْلَٰحِهَاتُفْسِدُوا فِى

B.    ثُمَّ اسْتَوٰٓى اِلَى السَّمَاءِ فَسَوّٰىهُنَّ سَبْعَ سَمٰوٰتٍ وَهُوَ بِكُلِّ شَيْءٍ عَلِيْمٌ

C.    وَلَقَدْ جَآءَتْهُمْ رُسُلُنَا بِٱلْبَيِّنَٰتِ ثُمَّ إِنَّ كَثِيرًا مِّنْهُم بَعْدَ ذَٰلِكَ فِى ٱلْأَرْضِ لَمُسْرِفُونَ

D.   قُلۡ سِيۡرُوۡا فِى الۡاَرۡضِ فَانْظُرُوۡا كَيۡفَ كَانَ عَاقِبَةُ الَّذِيۡنَ مِنۡ قَبۡلُ

E.    اِنَّ رَحۡمَتَ اللّٰهِ قَرِيۡبٌ مِّنَ الۡمُحۡسِنِيۡنَ

 

22.   Perhatikan tabel QS. Luqman ayat 19 berikut ini

                                TABEL A                                         TABEL B

                                                                       

 

 

 

 

 

 

 

 

Pasangan kalimat yang semakna antara tabel A dan B adalah …

A.    1- a dan 2 - d

B.    2 - b dan 4 – c

C.   2 – a dan 3 – c

D.   3 – d dan 4 – a

E.    3 – a dan 4 - b  

 

23.   Perhatikan tabel berikut ini!                                              

a.       Muslim atau muslimah

b.       Wukuf di padang Arafah

c.       Thawaf ifadhah

d.       Akil baligh / dewasa

e.       Orang merdeka

f.        Ihram

g.       Mampu dalam segala hal (Kesehatan, biaya dll)

h.      Sa’i

i.         Tahalul

 
                                                                       

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Yang termasuk rukun ibadah Haji adalah …

A.    a, b, c, d, e

B.    f, b, c, h, i

C.   b, c, d, h, i

D.   c, e, f, g, i

E.    d, e, g, i, a

24.   Pak Chandra seorang petani sukses, panen tahun ini beliau mendapatkan hasil 5 ton padi. Berapakah zakat yang harus dikeluarkan oleh pak Chandra, jika beliau murni menggunakan air hujan sebagai pengairannya?

A.    2,5 %

B.    5 %

C.   7,5 %

D.   10 %

E.    12 %

25.   Perhatikan tabel berikut ini:

TABEL A

26.   Suami (Zawj)

27.   Istri (Zaujah)

28.   Wali

29.   Seserahan

TABEL B

1.       Suami (Zawj)

2.       Istri (Zaujah)

3.       Wali

4.       Khitbah

5.       Ijab Qabul

TABEL C

1.       Suami (Zawj)

2.       Istri (Zaujah)

3.       Wali

4.       2 saksi

5.       Ijab Qabul

TABEL D

1.       Suami (Zawj)

2.       Istri (Zaujah)

3.       Wali

4.       Seserahan

5.       2 Saksi

 

Pernikahan dikatakan sah jika memenuhi rukun dan syarat-syarat nikah. Berdasarkan tabel-tabel di atas, yang termasuk rukun dan syarat-syarat nikah terdapat pada tabel…

A.    Tabel A

B.    Tabel B

C.   Tabel C

D.   Tabel D

E.    Tabel A dan D

26.   Perhatian wawasan sejarah berikut ini!

Dinasti Abbasiyah yang berkuasa lebih dari lima abad (750-1258) secara umum dibagi atas empat periode. Keempat periode tersebut adalah Periode Awal (750-847), Periode Lanjutan (847-945), Periode Buwaihi (945-1055), dan Periode Seljuk (1055-1258).

Selama lima abad pemerintahan dinasti ini, tercatat sejumlah nama khalifah yang berhasil menegakkan sistem pemerintahan Islam dengan adil dan makmur. Mereka itu adalah Abu al-Abbas Abdullah bin Muhammad as-Saffah (721-754). Ia adalah pendiri Dinasti Abbasiyah dan menjadi khalifah pertama. Berikutnya dipimpin oleh penerusnya, seperti khalifah Abu Ja'far al-Manshur (750-775), Al-Mahdi (775-785), Musa al-Hadi (785-786), Harun ar-Rasyid (786-809), Al-Amin (809-813), Al-Ma'mun (813-833), Al-Mu'tasim (833-842), Al-Mutawakkil (847-861), Al-Muntasir (861-862), Al-Musta'in (862-866), dan Al-Mu'tazz (866-869).

Daulah ini mencapai masa emasnya di masa khalifah ke lima dan tujuh. Pada masa ini, pekembangan khazanah keilmuan dan kebudayaan mencapai puncaknya. Mulai mendirikan banyak lembaga pendidikan, rumah sakit, dan farmasi. Pada masa ini negara Islam menduduki peringkat terkuat dan tak tertandingi. Bahkan pada masa ini didirikanlah sebuah pusat kajian ilmu dan penerjemahan yang bernama Bait Al Hikmah. Pada masa inilah Baghdad menjadi pusat kajian ilmu.

Dari bacaan di atas dapat disimpulkan bahwa kejayaan Daulah Abbasiyah di bawah kepemimpinan…

A.   Abu Ja’far al-Manshur dan Harun ar-Rasyid

B.   Harun ar-Rasyid dan al-Ma’mun

C.   Al-Ma’mun dan al-Mu’tashim

D.   Al-Amin dan Musa al-Hadi

E.   Al-Muntasir dan al-Mu’taz

 

27.   Perhatikan bacaan berikut ini!

Yaumul Qiyamah

Hari kiamat diawali dengan tiupan sangkakala yang pertama oleh Malaikat Izrafil. Yang kemudian alam semesta dan kehidupan makhluk hancur secara bersamaan. Allah menjelaskan gambaran dasyat hari kiamat dalam firman-Nya, salah satunya dalam QS. Infithar:

إِذَا السَّمَاءُ انْفَطَرَتْ (1) وَإِذَا الْكَوَاكِبُ انْتَثَرَتْ (2) وَإِذَا الْبِحَارُ فُجِّرَتْ (3) وَإِذَا الْقُبُورُ بُعْثِرَتْ  (4)

Apabila langit terbelah, apabila bintang-bintang jatuh berserakan, apabila lautan dijadikan meluap, dan apabila kuburan dibongkar, maka setiap jiwa mengetahui apa yang telah dikerjakan dan dilalaikannya.” (QS Infithar: 1-4).

Berdasarkan bacaan di atas dapat disimpulkan bahwa definisi dari hari kiamat adalah…

A.    Hari pembalasan segala amal

B.    Hari kebangkitan manusia

C.   Dimulainya kehidupan akherat

D.   Matinya semua manusia dan makhluk

E.    Hari kehancuran alam semesta

 

 

 

28.   Jika berbicara tentang waris atau warisan, pasti akan selalu berkaitan dengan kehidupan manusia. Sebab seperti yang sudah diketahui bahwa manusia nantinya akan mengalami peristiwa kematian, yang mana hal tersebut sudah menjadi hukum alam. Waris sendiri adalah harta kekayaan ataupun hutang yang dimiliki dan ditinggalkan oleh pewaris (pemilik waris), ketika pewaris tersebut mengalami peristiwa kematian. Dalam hukum waris Islam, ada tiga faktor yang menyebabkan ahli waris tidak berhak mendapat harta waris, ketiga faktor itu adalah…

A.   Pembunuhan, perbudakan (hamba sahaya) dan perbedaan agama

B.   Perceraian, pernikahan dan anak angkat

C.   Pembunuhan, pertikaian dan saudara ipar

D.   Perceraian, anak tiri dan anak perempuan

E.   Anak hasil zina, pertikaian dan perbudakan

29.   Perhatikan bacaan berikut ini!

Selama hidup di dunia, manusia diberi kesempatan untuk berbuat baik sebanyak-banyaknya dan diberi kesempatan untuk memperbaiki perbuat­annya yang buruk. Karena di akhirat kelak, kesempatan itu tidak ada lagi, setiap orang tinggal menerima balasannya saja.

Allah Yang Maha Pembuat Perhitungan akan memperhitungkan semua amal baik dan amal buruk manusia, dan menetapkan balasannya di akhirat kelak. Allah berfirman:

وَهُوَ أَسْرَعُ ٱلْحَٰسِبِينَ

“… Dialah Pembuat perhitungan yang paling cepat.” (QS al-An'am [6]: 62) Orang yang rajin beribadah dan banyak berbuat baik akan berbahagia di akhirat kelak. Ia akan memperoleh balasan surga dari Allah.

Asmaul husna yang paling sesuai dengan narasi di atas adalah …

A.    Al- ‘Alim

B.    Al-Mukmin

C.   Al-Hasib

D.   Al-‘Adlu

E.    Al-Wahhab

30.   Turunnya air hujan merupakan salah satu cara Allah SWT memelihara kelangsungan alam semesta, sebagaimana firman Allah SWT dalam surat al – A’raf ayat 57:

وَهُوَ الَّذِي يُرْسِلُ الرِّيَاحَ بُشْرًا بَيْنَ يَدَيْ رَحْمَتِهِ حَتَّى إِذَا أَقَلَّتْ سَحَابًا ثِقَالًا سُقْنَاهُ لِبَلَدٍ مَيِّتٍ فَأَنْزَلْنَا بِهِ الْمَاءَ فَأَخْرَجْنَا بِهِ مِنْ كُلِّ الثَّمَرَاتِ كَذَلِكَ نُخْرِجُ الْمَوْتَى لَعَلَّكُمْ تَذَكَّرُونَ

Terjemah: Dan Dialah yang meniupkan angin sebagai pembawa berita gembira sebelum kedatangan rahmat-Nya (hujan); hingga apabila angin itu telah membawa awan mendung, Kami halau ke suatu daerah yang tandus, lalu Kami turunkan hujan di daerah itu, maka Kami keluarkan dengan sebab hujan itu pelbagai macam buah-buahan. Seperti itulah Kami membangkitkan orang-orang yang telah mati, mudah-mudahan kamu mengambil pelajaran.

 

 

 

Berdasarkan ayat tersebut, Allah SWT menurunkan air hujan dengan perantara …

A.    air laut yang menguap kemudian menjadi awan dan turun sebagai air hujan.

B.    angin yang ditiupkan kepada awan mendung menuju daerah yang tandus dan turun menjadi air hujan.

C.   udara panas yang mengakibatkan air menguap dan menjadi awan mendung kemudian turun menjadi hujan.

D.   tanah tandus yang panas dan mengakibatkan awan mendung lalu Allah SWT menurunkan air hujan.

E.    awan mendung yang mengandung air diatas daerah yang tandus kemudian mencair menjadi air hujan.

31.   Allah SWT menciptakan segala sesuatu yang ada di langit, bumi dan diantara keduanya memiliki hikmah, sebagaimana firman-Nya dalam surat al-Baqarah : 164 yang artinya: Sesungguhnya dalam penciptan langit dan bumi, silih bergantinya malam dan siang, bahtera yang berlayar di laut membawa apa yang berguna bagi manusia, dan apa yang Allah turunkan dari langit berupa air, lalu dengan air itu Dia hidupkan bumi sesudah mati (kering)-nya, dan Dia sebarkan di bumi itu segala jenis hewan, dan pengisaran angin dan awan yang dikendalikan antara langit dan bumi; Sungguh (terdapat) tanda-tanda (keesaan dan kebesaran Allah) bagi kaum yang memikirkan.”

Salah satu contoh ciptaan Allah SWT adalah gunung. Diantara hikmah Allah SWT menciptakan gunung antara lain:

1)    Gua-gua dan lubang-lubang tempat berlindung yang terdapat di puncak gunung atau di lerengnya laksana benteng tempat berlindung manusia dan hewan.

2)    Berbagai jenis bebatuannya yang dapat dipakai untuk membuat bangunan.

3)    Gunung dapat menghalau hembusan angin kencang dan menghambat kecepatannya sehingga tidak menghancurkan apa-apa yang ada di bawahnya. Oleh sebab itulah orang-orang yang tinggal di bawahnya terhindar dari serangan angin kencang yang sangat membahayakan.

4)    Gunung juga dapat menghalau banjir jika air bah melaluinya dan memalingkannya ke kanan atau ke kiri. Sekiranya gunung tidak ada tentu air bah akan menghancurkan apa saja yang berada di jalur yang dilaluinya. Maka dalam hal ini gunung berfungsi sebagai benteng dan bendungan.

5)    Gunung adalah tanda yang dapat dipakai sebagai petunjuk dalam perjalanan, ibarat kompas yang terpancang yang menunjukkan arah jalan. Oleh karena itu Allah menyebutkan sebagai tanda-tanda kekuasaannya bagi kaum yang memikirkan

Firman Allah dalam surat asy-Syura ayat 32 berikut:

وَمِنْ آيَاتِهِ الْجَوَارِ فِي الْبَحْرِ كَالْأَعْلَامِ

Terjemah : Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah kapal-kapal di tengah (yang berlayar) di laut seperti gunung-gunung.

Hikmah yang disebutkan di atas yang sesuai dengan ke dua ayat tersebut adalah …

A.    1)

B.    2)

C.   3)

D.   4)

E.    5)

 

32.   Allah SWT berfirman dalam surat Yunus ayat 40-41:

وَمِنْهُمْ مَنْ يُؤْمِنُ بِهِ وَمِنْهُمْ مَنْ لَا يُؤْمِنُ بِهِ وَرَبُّكَ أَعْلَمُ بِالْمُفْسِدِينَ (40) وَإِنْ كَذَّبُوكَ فَقُلْ لِي عَمَلِي وَلَكُمْ عَمَلُكُمْ أَنْتُمْ بَرِيئُونَ مِمَّا أَعْمَلُ وَأَنَا بَرِيءٌ مِمَّا تَعْمَلُونَ

Terjemah: Di antara mereka ada orang-orang yang beriman kepada Al Quran, dan di antaranya ada (pula) orang-orang yang tidak beriman kepadanya. Tuhanmu lebih mengetahui tentang orang-orang yang berbuat kerusakan.

Jika mereka mendustakan kamu, maka katakanlah: "Bagiku pekerjaanku dan bagimu pekerjaanmu. Kamu berlepas diri terhadap apa yang aku kerjakan dan akupun berlepas diri terhadap apa yang kamu kerjakan".

Pelajaran yang dapat diambil dari ayat tersebut terkait dengan toleransi antar umat beragama adalah …

A.    diantara manusia ada yang beriman dan ada yang ingkar terhadap kebenaran al - Quran, maka setiap mukmin wajib menjadi orang yang kafir agar beriman.

B.    Allah SWT menjadikan manusia ada yang beriman dan ada yang kafir dengan tujuan agar terjadi sikap toleran dan saling menghargai diantara mereka.

C.   Allah SWT Maha Mengetahui bahwa orang-orang yang kafir akan berbuat kerusakan dan memusuhi orang yang beriman.

D.   sikap seorang mukmin terhadap orang yang menolak kebenaran al – Quran dengan mengatakan masing-masing memiliki keyakinan, maka kerjakan sesuai keyakinan kita.

E.    kepada orang yang menolak untuk beriman hendaknya dikatakan bahwa kelak di akhirat kita tidak bertanggung jawab atas akibat dari kekafiran mereka.

33.   Bacalah teks berikut.

Mantan jaksa Pinangki Sirna Malasari divonis 10 tahun penjara karena terbukti menerima suap US$ 500.000 (sekitar Rp. 7 miliar) dari terpidana kasus korupsi pengalihan hak tagih (cessie) Bank Bali Joko Soegiarto Tjandra alias Djoko Tjandra. Suap tersebut diberikan kepada Pinangki untuk mengurus fatwa Mahkamah Agung (MA) yang rencananya akan digunakan Djoko Tjandra untuk dapat kembali ke Indonesia tanpa perlu menjalani vonis dua tahun penjara kasus Bank Bali. Pinangki juga terbukti melakukan pencucian uang dari Djoko Tjandra, dan melakukan pemufakatan jahat dengan menjanjikan uang US$ 10 juta kepada pejabat di Kejaksaan Agung dan Mahkamah Agung jika fatwa itu diterbitkan.

Kejaksaan Agung juga menetapkan pengusaha Andi Irfan Jaya sebagai tersangka dalam kasus tersebut. Andi diduga sebagai perantara pemberi suap dari Djoko Tjandra kepada Pinangki, kata seorang pejabat Kejaksaan Agung. Dia kini ditahan di rutan cabang Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Kepala Pusat Penerangan Hukum Kejagung Hari Setiyono mengungkapkan penetapan tersangka itu merupakan tindak lanjut dari pemeriksaan yang dilakukan terhadap Andi. Sebelumnya, dia ditetapkan sebagai saksi dalam perkara Pinangki. Hari menjelaskan pemufakatan yang dilakukan ketiga orang tersebut diduga terkait dengan kepengurusan fatwa ke Mahkamah Agung (MA). Menurut Hari, peran Andi dalam kasus ini diduga sebagai perantara pemberi suap dari Djoko Tjandra ke Pinangki. Dalam kasus ini, Andi dijerat dengan Pasal 15 Undang-Undang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi.

 

 

 

Berdasarkan hadits Rasulullah :

عَنْ ثَوْبَانَ قَالَ: لَعَنَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ الرَّاشِيَ وَالْمُرْتَشِيَ وَالرَّائِشَ يَعْنِي الَّذِي يَمْشِي بَيْنَهُمَا

Dari Tsaubân, dia berkata, “Rasûlullâh saw melaknat pemberi suap, penerima suap, dan perantaranya, yaitu orang yang menghubungkan keduanya.” (HR. Ahmad Nomor: 22452)

Berdasarkan teks dan hadits di atas, maka yang disebut pemberi suap dan perantaranya adalah….

A.    Jaksa Pinangki dan Djoko Tjandra

B.    Jaksa Pinangki dan Andi Irfan Jaya

C.   Djoko Tjandra dan Andi Irfan Jaya

D.   Andi Irfan jaya dan Jaksa Pinangki

E.    Andi Irfan jaya dan Djoko Tjandra

34.   Apabila dalam sebuah perdebatan tentang suatu masalah hukum, kemudian tidak ada titik temu dari hal tersebut, maka menurut ajaran Islam yang termuat dalam QS al Nisa ayat 59 berikut, adalah….

فَإِن تَنَٰزَعْتُمْ فِى شَىْءٍ فَرُدُّوهُ إِلَى ٱللَّهِ وَٱلرَّسُولِ إِنْ كُنتُمْ تُؤْمِنُونَ بِٱللَّهِ وَٱلْيَوْمِ ٱلْآخِرِ

A. keluar dari perdebatan                        

B. dikembalikan kepada Ulama’ atau minta fatwa ulama yang disepakati                                                        

C. dikembalikan kepada al Qur’an

D. dikembalikan kepada sunah  rasul

E. dikembalikan kepada al Qur’an dan sunnah

35.   Sering kita lihat orang-orang  yang memiliki kehidupan serba berkecukupan dan bahagia walaupun ia selalu lalai dalam kewajiban, bahkan mungkin sering dzalim terhadap manusia lain. Seakan kejahatan dan dosa yang ia lakukan semakin membuat harta dan kebahagiaannya bertambah. Contohnya seperti orang-orang yang korupsi namun seumur hidupnya tidak pernah tertangkap, malah  anak dan cucu hingga keturunan selanjutnya mendapatkan warisan harta yang berlimpah dari hasil korupsi tersebut. Kenikmatan-kenikmatan itu membuat orang tersebut semakin jauh dari Allah. Kenikmatan sebagaimana digambarkan dalam pernyataan tersebut dinamakan …

A.    sihir

B.    tamak

C.   karomah

D.   istidraj

E.    mukjizat

 

 

II. Isilah titik-titik pada soal di bawah ini dengan jawaban singkat dan benar!

36.   Allah SWT berfirman dalam surat al-Mulk : 5

وَلَقَدْ زَيَّنَّا السَّمَاءَ الدُّنْيَا بِمَصَابِيحَ وَجَعَلْنَاهَا رُجُومًا لِلشَّيَاطِينِ وَأَعْتَدْنَا لَهُمْ عَذَابَ السَّعِيرِ

Allah telah menghiasi langit yang dekat dengan bintang-bintang, dan menjadikan bintang-bintang itu alat-alat pelempar syaitan, dan Allah menyediakan bagi mereka

37.   Ibadah yang tata cara pelaksanaannya sudah ditentukan dan diatur oleh Allah dan Rasul-Nya disebut dengan ibadah…

38.   Jawablah BENAR jika pernyataan ini bersifat benar, dan jawablah SALAH jika pernyataan di bawah ini salah!

“Dalam kaifiyah tayamum, mengusap muka dahulu kemudian mengusap telapak tangan. Juga diperbolehkan jika kita mengusap telapak tangan dahulu, kemudian mengusap muka”

39.   Jawablah BENAR jika pernyataan ini bersifat benar, dan jawablah SALAH jika pernyataan di bawah ini salah!

“Di bulan Ramadhan, semua umat Muslim wajib berpuasa. Di dalam bulan tersebut kita harus menghindari hal-hal yang membatalkan puasa, yang salah satunya adalah safar (bepergian)”

40.   “Rabbana wa lakal Hamdu” adalah doa ketika shalat yang dibaca pada saat gerakan ……

41.   Perhatikan tabel berikut ini!                                              

1.       Thawaf Ifadhah

2.       Sa’i

3.       Tahalul

4.       Thawaf Wada

 
                                                                       

 

 

Berdasarkan tabel di atas, ibadah dengan tata cara berlari-lari kecil dari bukit Shafa ke Marwa ditunjukkan oleh nomer …

42.   Asmaul Husna adalah nama-nama Allah yang baik dan agung. Salah satu dari Asmaul husna adalah al-Quddus. Makna dari al-Quddus adalah ... (yang Suci)

43.   Allah menciptakan malaikat dengan tugas masing-masing yang berkaitan dan menyangkut kehidupan manusia. Keberadaan malaikat mendatangkan kebaikan dan manfaat bagi orang yang beriman. Salah satunya menyadarkan seorang mukmin untuk selalu melakukan amal shaleh dimanapun dan kapanpun. Salah satu sifat Malaikat digambarkan Allah dalam QS. At-Tahrim : 6 yang berbunyi:

....عَلَيْهَا مَلَائِكَةٌ غِلَاظٌ شِدَادٌ لَا يَعْصُونَ اللَّهَ مَا أَمَرَهُمْ وَيَفْعَلُونَ مَا يُؤْمَرُونَ

Malaikat yang sifatnya digambarkan dalam ayat diatas adalah malaikat...

Perhatikan tabel pembagian warisan dalam Islam berikut ini.

NO

Status ahli waris

Bagian

Perolehan

1

Suami

1/4

(….) no 44

2

 1 Anak Laki-laki

Sisa

(….) no 45

3

1 Anak Perempuan

Dari tabel di atas, dapat disimpulkan bahwa bagian dari Istri adalah …… (no 44) dan anak perempuan adalah …. (no 45)

 

III.  Jawablah pertanyaan di bawah dengan benar!

46.   Tulis kembali ayat ini dengan syakal atau harakat lengkap dan jelaskan kandungannya!

يابنيّ أقم الصّلاة وأْمرْ بالْمعْروف وانْه عن الْمنْكر واصْبرْ على ما أصابك إنّ ذلك منْ عزْم الْأمور (17) ولا تصعّرْ خدّك للنّاس ولا تمْش في الْأرْض مرحا إنّ اللّه لا يحبّ كلّ مخْتال فخور (18)

47.   Dalam Islam, hari Jumat memiliki makna yang penting karena hari Jumat juga disebut sebagai 'sayyidul ayyam' atau berarti tuannya semua hari. Sehingga, hari Jumat adalah hari yang istimewa dalam Islam. Pada hari itu pula ada sebuah kewajiban bagi kaum laki-laki untuk melaksanakan ibadah Jumat (Shalat jumat). Jelaskan keutamaan ibadah Jumat!

48.   Hidup ini adalah perjuangan dan perjuanganlah yang membuat kita hidup. Jihad fi sabilillah merupakan puncak ajaran Islam. Sehingga umat Islam yang melaksanakannya akan mendapatkan kemuliaan dan kejayaan di dunia dan surga Allah di akhirat. Dakwah tidak akan hidup kecuali dengan jihad, seberapa tinggi kedudukan dakwah dan cakupannya yang luas, maka jihad merupakan jalan satu-satunya yang mengiringinya. Firman Allah, “Berjihadlah di jalan Allah dengan sebenar-benarnya jihad” (QS Al-Hajj 78). Di era modernisasi seperti sekarang ini, jelaskan bentuk jihad menurut organisasi Muhammadiyah!

49.   Khodijah baru saja selesai halangan (haid). Sebelum shalat, dia hendak melakukan thaharah atau bersuci. Jelaskan kaifiyah atau tata cara bersuci dengan kondisi yang dialami Khodijah!

50.   Kewajiban seorang mukmin atas jenazah saudaranya sesama mukmin adalah memandikannya. Jelaskan secara berurutan langkah-langkah memandikan jenazah.

Tulis Saran & Komentar dengan Bijak

أحدث أقدم
FIQO